Skip to content ↓

Biaya dan Beasiswa

1. Apakah ada biaya pendaftaran tahun ini?

Ada biaya pendaftaran yang tidak dapat dikembalikan sebesar Rp.50,000. Anda harus membayar biaya pendaftaran ini terlebih dahulu agar bisa mendapatkan akses login ke formulir pendaftaran online kami. Rincian proses pembayaran akan tersedia saat Anda mendaftar.

Biaya pendaftaran yang terkumpul akan sepenuhnya digunakan untuk membantu siswa/i yang terpilih nanti dan untuk kelancaran administrasi proses seleksi. 

2. Bagaimana jika saya tidak mampu membayar biaya pendaftaran?

UWC Indonesia berkomitmen untuk menciptakan dan mendukung komunitas siswa/i yang beragam dan inklusif dari berbagai latar belakang keuangan. Jika Anda merasa biaya pendaftaran merupakan sebuah kesulitan atau hambatan bagi kondisi finansial Anda, akan ada opsi untuk meminta "Pembebasan Biaya Pendaftaran" saat Anda memulai aplikasi Anda. UWC Indonesia mungkin akan meminta informasi/dokumentasi tambahan.

Permintaan pembebasan biaya pendaftaran TIDAK AKAN berdampak negatif bagi aplikasi Anda.

3. Apakah UWC menyediakan beasiswa?

Proses seleksi UWC berbasis prestasi. Beasiswa atau bantuan keuangan tersedia bagi pendaftar sesuai dengan kuota dan penawaran yang diajukan oleh sekolah UWC setiap tahunnya. Penawaran dari sekolah UWC dapat mencakup beasiswa all-inclusive, beasiswa penuh (tidak termasuk beasiswa tambahan), beasiswa parsial, atau tanpa beasiswa.

Beasiswa akan diberikan kepada siswa/i yang lolos seleksi berdasarkan kemampuan keuangan orang tua siswa dan tawaran dari sekolah UWC.

4. Apakah ada formulir khusus yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa?

Tidak ada. Seperti yang dijelaskan di pertanyaan nomor 3, proses seleksi UWC berbasis prestasi. Seluruh siswa/i yang mendaftar akan otomatis dipertimbangkan untuk beasiswa UWC.

5. Berapakah biaya bersekolah di UWC?

Biaya setiap sekolah UWC berbeda-beda tergantung pada lokasi sekolah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi situs sekolah UWC di sini.

6. Apa saja yang termasuk dalam biaya sekolah/ beasiswa UWC?

Biaya sekolah, beasiswa UWC, atau kombinasi keduanya biasanya mencakup hal-hal berikut, namun tidak terbatas kepada: 

  • Biaya hidup di asrama
  • Makanan sehari-hari
  • Buku
  • Asuransi kesehatan, Project Week, dll

Untuk lebih detailnya, dapat dilihat di situs sekolah UWC masing-masing. 

7. Apakah ada biaya lainnya?

Biaya berikut biasanya tidak termasuk dan harus ditanggung oleh siswa/i:

  • Biaya visa dan perjalanan (seperti tiket pesawat)
  • Uang saku
  • Biaya tambahan lainnya yang dikeluarkan siswa 

UWC Indonesia terkadang mendapatkan penawaran beasiswa all-inclusive yang mencakup dan menutupi semua biaya diatas. Namun, tawaran ini sangat terbatas.

8. Jenis akomodasi apakah yang disediakan di UWC?

Di semua sekolah UWC, siswa/i akan tinggal bersama teman-temannya di asrama. Asrama bagi murid UWC biasanya terletak di dalam lingkungan sekolah atau di dalam kota di sekitar sekolah. Setiap kamar biasanya ditempati oleh 2-4 siswa/i.